KAJIAN SEMIOTIKA SINTAKTIK PADA DESAIN KEMASAN INDOMIE GORENG DALAM NEGERI

 

PENDAHULUAN

    Ada banyak sekali produk dari perusahaan besar di Indonesia yang telah dikenal masyarakat luas, salah satunya yaitu Indomie. Indomie merupakan satu dari merek mi instan yang berasal dan popular di Indonesia. Dipilihnya Indomie karena lekat dengan keseharian masyarakat Indonesia serta eksistensi produk Indomie yang panjang dan cenderung stabil menjadikan produk ini sangat dikenal masyarakat luas dibandingkan produk mi lainnya. Produk ini sudah banyak tersebar di Indonesia maupun luar negeri. Sebagai produk yang berhasil bertahan sampai saat ini, Indomie melakukan berbagai upaya untuk menjaga kestabilan penjualannya. Salah satu upaya yang dilakukan perusahaan Indofood ini yaitu menjaga kontinuitas desain kemasannya sebagai upaya untuk melekatkan diri dibenak para konsumen karena keseragaman layoutnya.

    Kajian ini hadir bermula dari pengalaman pribadi penulis, Indomie memiliki nilai sentimental tersendiri karena keluarga besar penulis merupakan keluarga penggemar Indomie, hampir semua variant rasanya pernah dihidangkan di atas meja. Ketertarikan pengapresiasian desain kemasan ini muncul karena seringnya penulis melihat kemasan Indomie beredar bebas dirumahnya sehingga akhirnya kemasan produk ini mulai menarik untuk diamati. Desain kemasan adalah salah satu faktor penting dalam penjualan produk. Elemen grafis pada kemasan dapat menjadi faktor penentu menarik atau tidaknya sebuah kemasan. Sangat penting bagi sebuah perusahaan dapat melakukan pengelolaan terhadap mereknya agar dapat menjadi merek yang kuat mengurangi kerentanan tindakan pesaing.

    Fungsi utama kemasan makanan adalah untuk melindungi makanan dari kotoran dan kerusakan, namun fungsi kemasan yang tak kalah penting adalah sebagai sarana komunikasi produk dan branding kepada konsumen. Melalui desain kemasan, informasi sebuah produk dapat tersampaikan hingga mendorong konsumen untuk membeli produk tersebut, dalam teori desain kemasan hal ini disebut sebagai label. Label merupakan informasi tentang produk yang melengkapi suatu kemasan yang berisi tulisan, tag, gambar, atau deskripsi lain yang tertulis, dicetak, distensile, diukir, dihias, atau dicantumkan dengan jalan apa pun, pemberian kesan yang melekat pada suatu wadah atau pengemas (Siagian, 2002). Melalui warna yang menarik, tipografi yang terbaca jelas, kontinuitas/keseragaman desain antar varian rasa, gambar yang menarik semua hal tersebut perlu diperhatikan dalam desain kemasan karena merupakan bagian dari branding yang akan melekat di benak konsumen.

    Di dalam tulisan ini, penulis akan mengkaji desain kemasan produk Indomie yang beredar di Indonesia menggunakan teori Semiotika Sintaktik Morris dan juga teori Desain Kemasan. Teori Semiotika Morris membahas tiga aspek dalam suatu desain, yaitu: Sintantik, Semantik, dan Pragmatik, namun dalam penulisannya akan difokuskan pada bagian Sintaktik saja. Penulis akan menganalisis bagaimana keterpaduan, keseragaman, dan kontinuitas dari desain kemasan produk Indomie di pasar lokal dalam negeri.


RUMUSAN MASALAH

·         Seperti apa pengaplikasian semiotika sintaktik dengan kontinuitas desain kemasan brand Indomie di pasar lokal dalam negeri?

·         Strategi apa yang digunakan brand Indomie agar desain kemasannya melekat di benak konsumennya?

·         Bagaimana pengaruh desain kemasan pada minat masyarakat?

 

METODE PENELITIAN

    Penelitian dilaksanakan dengan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara studi pustaka. Studi kepustakan ialah segala usaha yang dilakukan oleh peneliti untuk menghimpun informasi yang relevan dengan topik atau masalah yang akan atau sedang diteliti. Informasi itu dapat diperoleh dari buku-buku ilmiah, laporan penelitian, karangan-karangan ilmiah, tesis dan disertasi, ensiklopedia dan sumber-sumber tertulis baik tercetak maupun elektronik.


Sumber :

Sungkar, S., Asmarandani, D., & Hutama, K. (2020). Semiotika Sintaktik Pada Desain Kemasan Enam Varian Rasa Produk Pocky Indonesia. Jurnal Seni dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain3(1), 87-96.

Natadjaja, Listia. 2007. Analisa Elemen Grafis Dalam Kemasan Indomi Goreng Pasar Lokal dan Ekspor. Surabaya : Universitas Kristen Putra. 

Ari Supriyanto, D. (2022). Transformasi Desain Kemasan Produk Indomie Tahun 1972–1991 dalam Kemeja Batik Kasual (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Siagian, Albiner. 2002 Pelabelan Pangan. Sumatera: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kajian Semiotika pada Karya Lukisan Ilya Repin “Ivan the Terrible and His Son Ivan”.

VISUALISASI PERSONAL BRANDING SARA WIJAYANTO DALAM KONTEN HORROR YANG TERDAPAT DI YOUTUBE DIARY MISTERI SARA

REVIEW KAJIAN LITERATUR