KAJIAN SEMIOTIKA SINTAKTIK PADA DESAIN KEMASAN INDOMIE GORENG DALAM NEGERI
PENDAHULUAN
Ada banyak sekali produk dari
perusahaan besar di Indonesia yang telah dikenal masyarakat luas, salah satunya
yaitu Indomie. Indomie merupakan satu dari merek mi instan yang berasal dan
popular di Indonesia. Dipilihnya Indomie karena lekat dengan keseharian
masyarakat Indonesia serta eksistensi produk Indomie yang panjang dan cenderung
stabil menjadikan produk ini sangat dikenal masyarakat luas dibandingkan produk
mi lainnya. Produk ini sudah banyak tersebar di Indonesia maupun luar negeri.
Sebagai produk yang berhasil bertahan sampai saat ini, Indomie melakukan
berbagai upaya untuk menjaga kestabilan penjualannya. Salah satu upaya yang
dilakukan perusahaan Indofood ini yaitu menjaga kontinuitas desain kemasannya
sebagai upaya untuk melekatkan diri dibenak para konsumen karena keseragaman layoutnya.
Kajian ini hadir bermula dari
pengalaman pribadi penulis, Indomie memiliki nilai sentimental tersendiri
karena keluarga besar penulis merupakan keluarga penggemar Indomie, hampir semua
variant rasanya pernah dihidangkan di atas meja. Ketertarikan pengapresiasian
desain kemasan ini muncul karena seringnya penulis melihat kemasan Indomie
beredar bebas dirumahnya sehingga akhirnya kemasan produk ini mulai menarik
untuk diamati. Desain kemasan adalah salah satu faktor penting dalam penjualan
produk. Elemen grafis pada
kemasan dapat menjadi faktor penentu menarik atau tidaknya sebuah kemasan. Sangat
penting bagi sebuah perusahaan dapat melakukan pengelolaan terhadap mereknya
agar dapat menjadi merek yang kuat mengurangi kerentanan tindakan pesaing.
Fungsi utama kemasan makanan
adalah untuk melindungi makanan dari kotoran dan kerusakan, namun fungsi
kemasan yang tak kalah penting adalah sebagai sarana komunikasi produk dan
branding kepada konsumen. Melalui desain kemasan, informasi sebuah produk dapat
tersampaikan hingga mendorong konsumen untuk membeli produk tersebut, dalam
teori desain kemasan hal ini disebut sebagai label. Label merupakan informasi
tentang produk yang melengkapi suatu kemasan yang berisi tulisan, tag, gambar,
atau deskripsi lain yang tertulis, dicetak, distensile, diukir, dihias, atau
dicantumkan dengan jalan apa pun, pemberian kesan yang melekat pada suatu wadah
atau pengemas (Siagian, 2002). Melalui warna yang menarik, tipografi yang
terbaca jelas, kontinuitas/keseragaman desain antar varian rasa, gambar yang
menarik semua hal tersebut perlu diperhatikan dalam desain kemasan karena
merupakan bagian dari branding yang akan melekat di benak konsumen.
Di dalam tulisan ini, penulis akan
mengkaji desain kemasan produk Indomie yang beredar di Indonesia menggunakan
teori Semiotika Sintaktik Morris dan juga teori Desain Kemasan. Teori Semiotika
Morris membahas tiga aspek dalam suatu desain, yaitu: Sintantik, Semantik, dan
Pragmatik, namun dalam penulisannya akan difokuskan pada bagian Sintaktik saja.
Penulis akan menganalisis bagaimana keterpaduan, keseragaman, dan kontinuitas dari
desain kemasan produk Indomie di pasar lokal dalam negeri.
RUMUSAN MASALAH
·
Seperti apa pengaplikasian semiotika sintaktik
dengan kontinuitas desain kemasan brand Indomie di pasar lokal dalam negeri?
·
Strategi apa yang digunakan brand Indomie agar
desain kemasannya melekat di benak konsumennya?
·
Bagaimana pengaruh desain kemasan pada minat
masyarakat?
METODE PENELITIAN
Penelitian dilaksanakan dengan
metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara studi pustaka. Studi
kepustakan ialah segala usaha yang dilakukan oleh peneliti untuk menghimpun
informasi yang relevan dengan topik atau masalah yang akan atau sedang
diteliti. Informasi itu dapat diperoleh dari buku-buku ilmiah, laporan
penelitian, karangan-karangan ilmiah, tesis dan disertasi, ensiklopedia dan
sumber-sumber tertulis baik tercetak maupun elektronik.
Sumber :
Sungkar, S., Asmarandani, D., & Hutama, K. (2020). Semiotika Sintaktik Pada Desain Kemasan Enam Varian Rasa Produk Pocky Indonesia. Jurnal Seni dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 3(1), 87-96.
Natadjaja, Listia. 2007. Analisa Elemen Grafis Dalam Kemasan Indomi Goreng Pasar Lokal dan Ekspor. Surabaya : Universitas Kristen Putra.
Ari Supriyanto, D. (2022). Transformasi Desain Kemasan Produk Indomie Tahun 1972–1991 dalam Kemeja Batik Kasual (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).
Siagian, Albiner. 2002 Pelabelan Pangan. Sumatera: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.
Komentar
Posting Komentar